Unur Lempeng atau Taman di Kawasan Percandian Batujaya


 Taman ini adayang bilang yaitu taman tarumanegara atau di sebut juga situs unur lempeng



Situs ini terletak pada koordinat 107° 08’ 58”BT dan 06° 03’24” LS berukuran sekitar 100 x 100 m dengan ketinggian 0,50 m, disitus ini terdapat dua buah lempengan Batu besar, yang berukuran sekitar 2 x 2 m, yang berbentuk hampir segi lima.


Pada tahun 1985 dan 1986, tim Arkeologi FSUI mengadakan penelitian pendahuluan, penelitian menghasilkan temuan berupa pecahan gerabah, manik- manik kaca, tulang dan gigi hewan dan sebuah pecahan gerabah ARIKAMEDU (ROULETTED POTTERY ), diproleh sisa –sisa struktur bangunan bata yang membujur dengan arah tenggara sampai barat laut (jurusan arkeologi FSUI 1986; DJAFAR 2000) pada bulan september 1999 yang didanai oleh proyek penelitian hibah bersaing dan dalam bulan juni –juli 2005 tim arkeologi dari ASDEP urusan arkeologi nasional bersama EFEO melakukan eskavasi di seluruh sektor situs segaran II dan menemukan 4 sisa struktur bangunan diantaranya sisa sisa pondasi bangunan bata disektor segaran II A, segaran II B segaran II C dan segaran II D. Dan ditemukan juga gerabah–gerabah, manik-manik kaca dan batu, dan ada pula rangka manusia bersama bekal kubur.



Penelitian segaran II pada tahun 2006 dan dilanjutkan oleh puslit arkenas bersama EFEO untuk memperoleh data yang lebih lengkap,penelitian masih berlanjut sampai saat ini.


Catatan:

Situs Candi Segaran II ini penduduk lokal menyebutnya Candi Lempeng, sedangkan para Arkeolog menyebutnya Situs Segaran II,  yang diambil dari nama sebuah Desa, yang ada di Desa Segaran, Batujaya, Karawang, Jawa Barat.




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama