Candi Jiwa Batujaya

Candi Jiwa Batujaya
#CandiJiwaBatujaya

Situs Candi jiwa merupakan sebuah gundukan tanah seperti bukit kecil yang oleh penduduk disebut unur jiwa berbentuk lonjong,dengan ketinggian 4 m dari permukaan tanah sawah di sekitarnya dan luas sekitarnya 500 m2. Terletak pada koordinat 107° 09’ 04,91” BT dan 06° 03’ 26” LS. Situs ini semula digarap oleh penduduk sebagai lahan pertanian yang ditanami pohon pisang dan pala wija.
Situs ini pertama kali di ekskavasi pada tahun 1985 dan dilanjutkan pada tahun 1986 oleh Tim Arkeologi Fakultas Sastra UI dalam rangka KKL, yang merupakan praktek terpadu dalam mata kuliah metode Arkeologi yang dipimpin oleh Mundardjito.
Dari dua kali kegiatan eskavasi di situs ini telah dapat ditampakan seluruh permukaan bangunan yang tersisa dan beberapa bagian kaki candi. Candi ini sudah tidak utuh, yang ditemukan hanya bagian kaki candi yang berukuran 19 x 19 m dengan tinggi seluruh bangunan yang tersisa 4,70 m dengan orientasinya tenggara- barat laut.di keempat sisi candi tidak terdapat tangga naik atau pintu masuk. Kaki candi memiliki susunan perbingkaian atau pelipit penyangga (uttara), dan pilipit setengah lingkaran (kumuda) dari atas bangunan yang tersisa, tampak susunan bata yang melingkar dengan diameter 6 m. Susunan bata melingkar ini dibatasi oleh susunan bata yang di pasang tegak ( rolak ) yang membentuk bujur sangkar dengan panjang 10 m, susunan pasangan bata seperti ini mengingatkan kita pada bentuk susunan dasar Stupa ( Jurusan Arkeologi FSUI 1985, 1986 ). Dengan demikian besar kemungkinan situs candi jiwa merupakan sebuah candi berbentuk stupa.
Candi jiwa mulai di pugar pada tahun 1996 sampai 2001 oleh Direktorat Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala,Departemen Pendidikan Nasional (sekarangt menjadi Direktorat Peninggalan Purbakala, Dep. Kebudayaan dan Pariwisata), melalui Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala (sekarang Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) BP3 Serang .
Pada waktu pengupasan halaman sekeliling candi telah ditemukan Struktur berupa hamparan pasangan bata yang menutupi permukaan tanah.Srtuktur ini mengeliling bagian bawah kaki candi di keempat sisi dengan ukuran 2,65 m.